FORMAT NEED ASSESMENT
A. instrumen analisis kebutuhan :
ANGKET
KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA
SMA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi
layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta
untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai
dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar,
yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi
sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk
menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi
penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu
tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga
jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan
Angket
: Bimbingan Pribadi
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
S
|
C
|
K
|
||
1
|
Kebiasaan
hidup yang berperilaku positif
|
|
|
|
2
|
Kebiasaan
hidup menjalankan perintah agama yang di anut
|
|
|
|
3
|
Kebiasaan
hidup yang mencerminkan toleransi beragama
|
|
|
|
4
|
Hormat
menghormat sesama manusia
|
|
|
|
5
|
Memiliki
toleransi beragama
|
|
|
|
6
|
Berperilaku
sesuai dengan ajaran agama
|
|
|
|
7
|
Mengkaji
keagamaan yang dianut
|
|
|
|
8
|
Mengidentifasikan
kegiatan keagamaan yang dianut
|
|
|
|
9
|
Mengaplikasikan
kegiatan keagamaan dalam kehidupan sehari-hari
|
|
|
|
10
|
Mendeskripsikan
tentang kaidah-kaidah keimanan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
11
|
Mengidentifikasikan
ciri orang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
|
|
|
|
12
|
Contoh-contoh
penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di rumah
|
|
|
|
13
|
Contoh-contoh
penerapan keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa di sekolah
|
|
|
|
14
|
Memahami
etika dalam bergaul antara wanita dan pria
|
|
|
|
15
|
Perasaan
wanita lebih peka dari pria
|
|
|
|
16
|
Nilai-nilai
teman sebaya
|
|
|
|
17
|
Perkembangan
psikoseksual remaja
|
|
|
|
18
|
Pacaran
merupakan proses kedewasaan
|
|
|
|
19
|
Memahami
dan menyadari teman mampu memberi aset dalam
mencapai cita-cita
|
|
|
|
20
|
Memahami
beberapa konsep hidup sederhana dari pergaulan teman sebaya selama 3 tahun
|
|
|
|
21
|
Menjadi
remaja ideal sebagai pria dan wanita menjelang awal remaja
|
|
|
|
22
|
Memahami
jenis pekerjaan sesuai dengan peranan jenis kelamin
|
|
|
|
23
|
Memahami
kesadaran pada posisi yang umum tanpa membedakan jenis kelamin
|
|
|
|
24
|
Menjalin
hubungan tanpa memperhatikan jenis kelamin mempercepat kematangan siswa
|
|
|
|
25
|
Pacaran
yang sehat dan bisa memotivasi belajar
|
|
|
|
26
|
Ciri-ciri
(karakteristik) remaja
|
|
|
|
27
|
Problem-problem
remaja dan cara mengatasinya
|
|
|
|
28
|
Ciri-ciri
perkembangan jasmani pria dan wanita
|
|
|
|
29
|
Perbedaan
perkembangan jasmani pria dan wanita
|
|
|
|
30
|
Pemahaman
tentang norma agama
|
|
|
|
31
|
Makanan
yang mengandung empat sehat lima sempurna
|
|
|
|
32
|
Olah
raga yang teratur
|
|
|
|
33
|
Keseimbangan
antara bekerja dan istirahat
|
|
|
|
34
|
Perkembangan
jasmani pada pria dan wanita
|
|
|
|
35
|
Mencari
cara-cara hidup sehat
|
|
|
|
36
|
Mendeskripsikan
cara-cara hidup sehat
|
|
|
|
37
|
Mengenal
alat-alat yang membahayakan jasmani
|
|
|
|
38
|
Jenis-jenis
penyakit yang membahayakan kesehatan jasmani
|
|
|
|
39
|
Jenis
alat-alat yang membahayakan jasmani
|
|
|
|
40
|
Membedakan
alat-alat yang membahayakan dan bermanfaat bagi kesehatan jasmani
|
|
|
|
41
|
Kebiasaan
hidup sehat yang berperilaku positis
|
|
|
|
42
|
Kebiasaan
hidup yang mencerminkan toleransi beragama
|
|
|
|
43
|
Kebiasaan hidup menjalankan agama yang di
anut
|
|
|
|
44
|
Kebiasaan hidup yang mencerminkan toleransi
beragama
|
|
|
|
45
|
Mengagumi kebesaran Tuhan melalui
ciptaannya
|
|
|
|
46
|
Mengikuti kegiatab beragama
|
|
|
|
47
|
Membiasakan mendengarkan ceramah agama
|
|
|
|
48
|
Agama sebagai pedoman hidup
|
|
|
|
49
|
Mengembangkan SQ
|
|
|
|
50
|
Etika dalam bergaul wanita dan pria
|
|
|
|
51
|
Pengertian hidup sehat
|
|
|
|
52
|
Jenis makanan yang mengandung empat sehat
lima sempurna
|
|
|
|
53
|
Manfaat olah raga bagi kesehatan jasmani
|
|
|
|
54
|
Perawatan tubuh
|
|
|
|
Keterarangan :
S : Sangat dibutuhkan
C. : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutiuhkan
Jenis materi :
- Bisa
diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
- Diambil
dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.
ANGKET
KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA
SMA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi
layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta
untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai
dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar,
yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi
sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk
menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi
penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu
tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga
jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan
Angket
:Bimbingan Sosial
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
S
|
C
|
K
|
||
1.
|
Nilai-nilai
ajaran agama
|
|
|
|
2.
|
Pentingnya
membangun tempat ibadah
|
|
|
|
3.
|
Toleransi
terhadap perbedaan umat beragama dan kepercaya
|
|
|
|
4.
|
Kepedulian
sesama umat
|
|
|
|
5.
|
Etika
pergaulan dengan teman sebaya
|
|
|
|
6.
|
Peran
pria dan wanita dalam komunitas
|
|
|
|
7.
|
Hakekat
hidup sehat dalam pergaulan
|
|
|
|
8.
|
Pentingnya
kebugaran dalam kehidupan bermasyarakat
|
|
|
|
9.
|
Lingkungan
rumah yang sehat
|
|
|
|
10.
|
Menjaga
kebugaran
|
|
|
|
11.
|
Mengkomsumsi
makanan yang bergizi
|
|
|
|
ANGKET
KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA
SMA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi
layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta
untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai
dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar,
yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi
sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk
menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi
penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu
tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga
jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan Angket : Bimbingan
Belajar
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
S
|
C
|
K
|
||
1
|
Pengaturan
waktu belajar
|
|
|
|
2
|
Manfaat
belajar bagi kehidupan
|
|
|
|
3
|
Contoh-contoh
belajar keras
|
|
|
|
4
|
Praktik
terwujudnya aspek-aspek bagi belajar kehidupan beragama
|
|
|
|
5
|
Latihan
menjalankan ritual
|
|
|
|
6
|
Model-model
belajar kelompok
|
|
|
|
7
|
Pembentukan
kelompok belajar
|
|
|
|
8
|
Praktik
belajar kelompok
|
|
|
|
9
|
Peran
dan fungsi anggota dalam belajar kelompok
|
|
|
|
10
|
Pengaruh
kondisi jasmani yang sehat dalam kegiatan belajar
|
|
|
|
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
S
|
C
|
K
|
||
11
|
Pola
makanan sehat dalam kaitannya dengan kegiatan belajar
|
|
|
|
12
|
Olah
raga yang teratur dalam kaitannya dengan kegiatan belajar
|
|
|
|
13
|
Rekreasi
dalam kaitannya dengan kegiatan belajar
|
|
|
|
14
|
Pemanfaatan
waktu luang dalam kaitannya dngan
kegiatan belajar
|
|
|
|
ANGKET
KEBUTUHAN MATERI LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING
SISWA
SMA
Petunjuk :
Berikut ini terdapat sejumlah materi
layanan bimbingan dan konseling yang dapat diberikan kepada siswa. Anda diminta
untuk memberikan ceklist (v) pada kolom di samping setiap butir materi sesuai
dengan kebutuhan Anda terhadap materi itu. Tidak ada jawaban salah atau benar,
yang penting adalah bagaimana kejujuran Anda dalam menjawab setiap butir materi
sesuai dengan kebutuhan Anda. Angket ini sama sekali tidak dimaksudkan untuk
menilai kemampuan Anda, sehingga tidak ada hubungannya atau mempengaruhi
penilaian hasil prestasi belajar Anda.
Anda diminta untuk mengisi semua nomor
tanpa ada yang terlewat. Untuk menyelesaikan angket ini tidak ada batas waktu
tertentu, tetapi Anda diharapkan untuk menyelesaikan secepat mungkin. Juga
jangan lupa menuliskan identitas Anda pada tempat yang telah disediakan.
|
Pernyataan Angket : Bimbingan
Karir
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
S
|
C
|
K
|
||
1.
|
Kejujuran
dalam bekerja
|
|
|
|
2.
|
Perkembangan
sikap tanggung jawab dalam bekerja
|
|
|
|
3.
|
Bekerja
sebagian dari pada ibadah
|
|
|
|
4.
|
Sikap
tidak mudah putus asa dalam bekerja
|
|
|
|
5.
|
Mengambil
keputusan dan bertindak berdasarkan alasan seorang beriman
|
|
|
|
6.
|
Bekerja
sama dalam kegiatan keagamaan
|
|
|
|
7.
|
Sikap
kerja keras dan tawakal dalam bekerja
|
|
|
|
8.
|
Sikap
disiplin dalam pengebangan karir
|
|
|
|
9.
|
Makna
doa dalam bekerja
|
|
|
|
10.
|
Berpikir
kritis dalam pengembangan karir
|
|
|
|
No.
|
Jenis Materi
Layanan
|
Klasifikasi Jawaban
|
||
11.
|
Pengembangan karir sebagai tokoh agama
|
S
|
C
|
K
|
12.
|
Program
studi di Perguruan Tinggi
|
|
|
|
13.
|
Perguruan
tinggi kedinasan serta prospeknya
|
|
|
|
14.
|
Jenjang
pendidikan dan lapangan kerjanya
|
|
|
|
15.
|
Contoh-contoh
syarat kesehatan jasmani dalam pemilihan karir bidang kesehatan
|
|
|
|
16.
|
Contoh-contoh
syarat kesehatan jasmani dalam pemilihan karir bidang militer
|
|
|
|
17.
|
Contoh-contoh
upaya yang dapat dilakukan agar memiliki kesehatan jasmani untuk pemilihan
karir bidang medis
|
|
|
|
18.
|
Contoh-contoh
upaya yang dapat dilakukan agar memiliki kesehatan jasmani untuk pemilihan
karir bidang militer
|
|
|
|
19.
|
Pengaruh
kondisi pisik ysng prima terhadap produktifitas
|
|
|
|
20.
|
Peranan
penampilan dalam pekerjaan sebagai pramugari
|
|
|
|
21.
|
Peranan
penampilan dalam pekerjaan sebagai guru
|
|
|
|
22.
|
Peranan
kondisi tubuh yang sehat dalam konsentrasi kerja
|
|
|
|
23.
|
Cara
memelihara dan merwat kondisi jasmani yang sehat melalui olah raga senam
|
|
|
|
24.
|
Manfaat
renang terhadap pembentukan tubuh dan aplikasinya
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterarangan :
S : Sangat dibutuhkan
C. : Cukup dibutuhkan
K : Kurang dibutiuhkan
Jenis materi :
- Bisa
diurutkan berdasarkan tugas perkembangan
- Diambil
dari materi pengembangan kopetensi yang dijabarkan dalam kurikulum.
Responden,
(………………….)
Komentar
Posting Komentar